Tips Memulai Peluang Bisnis

Untuk memulai usaha, tidak selamanya membutuhkan modal yang besar. Munculnya berbagai peluang usaha kecil menengah dengan modal usaha rata-rata dibawah Rp 10 juta, memberikan bukti bahwa kesuksesan pun dapat dimulai dari peluang usaha modal kecil. Hal inilah  yang saat ini memotivasi masyarakat untuk meningkatkan perekonomian mereka, dengan mencoba berbagai peluang usaha kecil menengah yang prospeknya cukup menguntungkan.

Salah satu peluang yang saat ini cukup menguntungkan, yaitu memulai usaha kecil menengah dengan memproduksi tas. Perkembangan bisnis fashion yang setiap harinya semakin meningkat, menjadi lahan yang cukup empuk bagi para pelaku usaha dibidang tersebut. Sebab hampir semua produk fashion, selalu laris diserbu para konsumen. Begitu juga dengan produk tas, sekarang ini tas bukan hanya sebagai kebutuhan sekolah atau kerja saja. Namun, kini tas menjadi bagian fashion yang banyak digemari konsumen khususnya kaum hawa.

 

                                                                                            Konsumen
Sasaran pasar produsen tas mencakup semua orang, baik wanita maupun pria, anak-anak maupun dewasa, sampai karyawan, pelajar dan mahasiswa. Karena mereka membutuhkan tas untuk bersekolah, kuliah, maupun untuk kerja. Namun bukan itu saja, saat ini para wanita khususnya remaja dan ibu-ibu, menjadikan tas sebagai bagian dari trend fashion. Sehingga mereka sering mencari tas, untuk memenuhi kebutuhan fashion yang sesuai dengan busana mereka

Jangan Bilang Nanti! Mulailah Belajar Berbisnis Sejak Masih Muda…..

Menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion dan hati bukanlah hal yang mudah. Terlebih untuk anak muda yang baru lulus kuliah dan belum punya pengalaman kerja sebelumnya. Terkadang seseorang perlu mengambil beberapa pekerjaan yang “salah” sebelum menemukan hal yang benar-benar bisa dilakukannya seumur hidup.

Menjadi wirausahawan adalah alternatif yang layak dicoba oleh semua anak muda yang enggan berada di bawah otoritas atau terkukung oleh aturan kantor. Membuka bisnis sendiri dapat memberikan kebebasan dan otonomi yang tidak bisa diberikan oleh kebanyakan pekerjaan konvensional. Kamu masih ragu untuk mulai jadi wirausaha? Temukan alasan yang bisa menepis keraguanmu di artikel ini.

1.   Pekerjaan Tidak Akan Selamanya Tersedia

pusing-belajar

Pekerjaan yang kamu cintai hari ini belum tentu masih terus ada sampai 20 tahun mendatang. Perubahan selalu datang, selera pasar akan terus bergerak fluktuatif. Saat hal yang kamu kerjakan sudah tidak lagi dibutuhkan dan punya nilai jual, maka kamu pun akan tersingkir.

Di Indonesia lapangan pekerjaan juga tidak sebanding dengan jumlah angkatan pencari kerja. Pada tahun 2013 saja 600.000 sarjana Indonesia tercatat menjadi pengangguran. Memiliki pendidikan tinggi tidak selalu berbanding lurus dengan mudahnya mendapatkan kesempatan kerja.

Belajar membuka bisnis sendiri sedari muda akan memperkecil kemungkinan kamu kehilangan pekerjaan di tengah jalan. Berwirausaha membuat kamu jadi pribadi yang tidak tergantung pada siapapun untuk mendapatkan penghasilan. Kamu tidak butuh orang lain membukakan jalan rejeki untukmu, kamu bisa membukanya dengan tanganmu sendiri

2.  Belajar Berbisnis Sedari Muda

WirausahaMudaMandiri200112-850x567

 

 

Persaingan di dunia kerja itu ibarat hukum survival of the fittest yang kita kenal dari teori evolusi. Hanya mereka yang mampu beradaptasi pada perubahan lah yang akan mampu bertahan. Kamu tidak akan selamanya bisa bertahan dengan mengandalkan kemampuan yang kamu miliki saat ini. Enggan mengembangkan kemampuan sama dengan bunuh diri.

Belajar berwirausaha sejak masih muda akan membuat kamu jadi pribadi yang lebih mudah beradaptasi di segala situasi. Kamu sudah tidak lagi canggung saat harus menyesuaikan diri dengan keinginan pasar, kamu akan jadi pribadi yang lebih cepat belajar ketika dihadapkan pada tuntutan konsumen.

Kemampuan adaptasi yang handal ini sangat krusial dimiliki oleh semua orang yang ingin bertahan lama di dunia profesional. Kemampuan adaptasi yang kamu dapatkan dari pengalaman berwirausaha akan sangat berguna, dan ini tidak hanya berlaku dalam hal profesional saja.

 

 

3.  Kamu Punya Kesempatan Untuk Dibayar Jauh Lebih Tinggi Dari Gaji yang Kamu Terima Sekarang

4263b2075a809a2a1302795aa482ab53

Pekerjaan kantoran memang menawarkan stabilitas dan pemasukan yang tetap. Tapi, ada kemungkinan kalau kamu tidak akan benar-benar dihargai sesuai dengan kemampuanmu. Dalam skema perusahaan kamu akan dibayar setara dengan orang lain yang level jabatannya sama. Tidak peduli seberapa keras kamu bekerja dan meluangkan pikiran demi perkembangan perusahaan.

Membuka bisnis sendiri membuat kamu bisa benar-benar dibayar sesuai dengan kemampuan. Pendapatan yang masuk ke kantungmu akan setara dengan kerasnya usahamu bekerja. Semakin keras kamu bekerja, semakin banyak pula hasil yang bisa kamu raih.

Kamu tidak akan lagi dianggap sebagai alat untuk mencapai profit. Belajar berwirausaha sedari muda membuka matamu: sebenarnya kamu punya aset luar biasa yang bisa menghasilkan banyak uang. Kamu pantas mendapatkan imbalan setimpal karena kemampuanmu itu.

 

 

4.   Matamu Akan Lebih Peka Melihat Kesempatan

 tas-butik

Dia yang berhasil adalah dia yang mampu melihat dan memanfaatkan kesempatan yang ada di sekitarnya. Kamu yang sudah terbiasa mengelola bisnis sejak masih muda akan punya insting yang lebih kuat dalam menganalisis berbagai peluang yang berputar di sekeliling bahumu.

Tidak semua orang bisa kepikiran buka bisnis buku bekas impor murah. Tidak semua orang bisa punya inspirasi untuk jadi personal shopper bagi mereka yang suka barang impor tapi gak punya waktu traveling. Kepekaan melihat peluang ini hanya bisa diasah lewat mencoba memasukkan kaki di ranah wirausaha.

Kejelian memilih peluang untuk dijadikan lahan bisnis akan jadi bekal yang baik bagi kehidupanmu dalam jangka panjang. Kamu akan jadi pribadi yang lebih bisa menghargai hal-hal baik yang datang padamu. Kesempatan tidak akan datang 2 kali, maka saat ia datang kamu harus benar-benar gigih berjuang agar bisa berhasil.

5. Membuka Bisnis Sendiri Memberimu Otonomi

Dan Kebebasan

img_3388-850x594

Tidak ada lagi waktu kerja dari jam 9 pagi sampai 5 sore selama 5 hari dalam seminggu. Kamu pun tidak lagi perlu bingung memilih setelan kerja apa yang harus kamu kenakan di hari itu. Saat butuh keluar kantor di tengah hari kamu tidak perlu susah-susah minta ijin ke bos dengan hati yang tidak enak karena masih ada tanggungan pekerjaan.

 

Berwirausaha sedari muda berarti menjadi bos untuk dirimu sendiri sejak dini. Kebebasan dan otonomi yang ditawarkan dari menjadi wirausahawan tidak akan mungkin kamu dapatkan di pekerjaan kantoran. Kamu bisa mengatur waktu dan jadwal sesuai dengan kebutuhanmu. Di mana lagi coba, kamu bisa dapatkan kebebasan semacam itu?

 

6. Kamu Akan Lebih Menghargai Arti Kerja Keras

Dan Disiplin

slider2-850x376

Saat bekerja orang lain kamu akan dituntut untuk mengeluarkan kemampuan terbaikmu demi keuntungan perusahaan. Terkadang performamu akan naik turun, dan biasanya perusahaan akan memakluminya. Hal ini tidak lagi bisa kamu lakukan saat bekerja untuk mengembangkan bisnismu sendiri.

 

Kamu punya otonomi dan kebebasan yang besar, tapi kamu pulalah yang memegang kendali. Setiap hari kamu akan dihadapkan pada tuntutan untuk terus mengeluarkan kemampuan terbaik yang kamu miliki. Konsistensi dan disiplin adalah kunci dari kesuksesanmu.

 

Jika selamanya bekerja untuk perusahaan kamu tidak akan pernah benar-benar tahu arti kerja keras dan disiplin bagi kesuksesanmu. Hanya mereka yang mau mencoba membuka usaha sendirilah yang akan mengerti hal ini.

7. Bisa Lebih Menghargai Uang

images kk

Setelah belajar mengatur usaha sendiri, kamu akan sadar bahwa uang tidak serta-merta datang ke rekeningmu di tanggal yang sama setiap bulan. Sudah tidak ada lagi yang membayarmu, kinerja dan performamu lah yang menentukan besaran penghasilan yang kamu dapatkan.

Tidak hanya soal penghasilan, kamu juga harus pintar-pintar menyiasati keterbatasan dana. Kamu harus memutar otak agar bisa mendapatkan modal yang cukup untuk mulai usaha dan memastikan agar di akhir proses akan ada keuntungan yang signifikan bagi pengembangan usaha. Belum lagi kalau sudah mulai ada karyawan dan harus membayar gaji mereka tiap bulan.

Belajar berwirausaha sejak masih muda akan membuatmu jadi pribadi yang lebih menghargai uang. Kamu akan tahu kalau uang tidak datang dari duduk manis selama 8 jam tiap harinya di kantor yang dingin. Dia adalah hasil akhir dari perjuangan, disiplin dan konsistensi tanpa henti saban hari.

8. Kalau Kamu Gagal Saat Masih Muda, Masih Ada Banyak Waktu

Untuk Mencoba Ulang

20150227_003022

Memulai bisnis sedini mungkin memberikan kamu banyak kesempatan untuk gagal, bangkit dan mencoba ulang. Saat masih muda kamu cenderung lebih bebas untuk melakukan berbagai hal. Belum ada orang lain yang menggantungkan nasibnya padamu. Saat sudah umur 40-an dan berkeluarga, tentu akan lain ceritanya.

Mulailah bisnismu semuda mungkin karena dengan begitu kamu punya kesempatan yang lebih banyak untuk gagal. Kamu akan punya kesempatan yang lebih besar pula untuk sukses.

Bisnis yang kamu bangun tidak akan langsung sukses dalam semalam. Di beberapa tahun awal keuntungan yang kamu peroleh masih akan naik-turun; kamu masih harus berjuang membangun citra merk dan bersaing dengan kompetitor. Barulah setelah produkmu dikenal luas dan punya konsumen loyal, kamu bisa bernafas tenang.

Memulai bisnis sejak masih muda akan membuat kamu punya cukup waktu untuk membangun keamanan finansial yang kamu harapkan. Saat masih muda kebutuhanmu tidak akan sebesar saat sudah berkeluarga kelak, pemasukan naik-turun dari bisnis yang baru dirintis masih cukup untuk hidup.

Jika kamu baru membangun bisnis di usia tua, bisa-bisa kamu keburu hengkang dari dunia saat bisnismu mulai stabil.

9.Anak Muda Punya Pemahaman yang Oke Soal Teknologi

IMG_5539-1300x866-850x566

 

Anak muda biasanya punya pemahaman soal teknologi yang cukup mumpuni. Tidak hanya soal penggunaan gadget, tapi juga tentang menggunakan sosial media. Pengetahuan tentang penggunaan teknologi dan sosial media akan sangat membantumu dalam proses pengembangan bisnis.

Memulai bisnis di umur yang masih muda akan membuatmu lebih melek terhadap berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi. Kamu bisa dengan terampil melakukan promosi lewat internet, menciptakan web untuk promosi bisnis yang sedang kamu rintis.

Keuntungan ini tidak akan dimiliki oleh mereka yang mulai bisnis saat sudah lebih tua. Jadi mumpung kamu masih sangat melek teknologi, kenapa tidak memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnismu sekarang juga? Bukankah hidup yang paling berarti adalah hidup yang membawa manfaat bagi orang lain? Berwirausaha sejak muda akan memberimu kesempatan ini. Lewat bisnis yang kamu bangun kamu bisa membuka kesempatan kerja untuk orang lain. Kamu juga bisa menyebarkan nilai yang kamu anut secara positif ke lingkungan sekitar.

Membangun bisnis bukan hanya soal menghasilkan banyak uang. Tapi bagaimana kamu bisa memanfaatkan kemampuan yang kamu miliki demi memberikan kebaikan ke orang-orang yang ada di sekelilingmu.

Gimana? Masih ragu mau membangun bisnis sedari muda? Masih mau terpenjara rasa takut dan bilang, “Nanti aja”? sini saya ajarin …

Yukkk gabung bersama kami Esprobag

Yang mau gabung menjadi resseler atau member jangan segan – segan berbagi informasi mari kita belajar bisnis dirumah Bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda

hubungi kami untuk  call/sms: 081333224799,087754190888

Produk tas buatan kami telah teruji, baik dari segi kualitas bahan dan jahitan. bergaransi 100% uang kembali.

kesuksesan anda keberhasilan kami……..!!!!

 

 

 

 

Related Articles

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.